Thursday, April 1, 2010

ANALISA KIMIA AIR ZAMZAM

0 comments
Dalam dua dasawarsa terakhir telah dilakukan beberapa analisa kimia untuk mengetahui kandungan air Zamzam, misalnya pada tahun 1973, perusahaan Watson melakukan analisa air yang diambil dari beberapa amata air, yaitu Zamzam, ad-Dawadiyah, dan ‘Ain Zabidah.
Pada tahun 1392 H, Kementrian Haji dan Wakaf Kerajaan Arab Saudi membiayai sebuah perusahaan konsultan untuk melakukan uji kelayakan destilasi air Zamzam sekaligus pengemasannya di dalam kemasan khusus. Perusahaan ini melakukan analisa melalui sudut pandang bakteriologi dan kimia.
Pada musim dingin tahun 1400 H diambil sampel air dari beberapa mata air utama air Zamzam dengan arahan dari Ir. Yahya Hamzah Kosyki untuk dilakukan analisa lanjutan di laboratorium air di Propinsi Barat (Arab Saudi).

Profesor Kosyki mengatakan di dalam bukunya Ma’ Zamzam bahwa air Zamzam memiliki keistimewaan dari segala aspeknya karena mengandung konsentrat kalsium, magnesium, dan zat-zat mineral lain dalam kadar yang tinggi. Singkatnya, air Zamzam adalah air yang kaya mineral.

Menurut hasil sebuah kegiatan analisa yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Haji, Universitas King Abdul Aziz, kandungan air Zamzam adalah sebagai berikut :
Hidrogen = 8,7
Alkali = 300
Asam Pekat = 680
Kalsium Pekat = 470
Magnesium Pekat = 210
Kalsium = 188
Magnesium = 51
Sodium = 253
Potassium = 121
Amoniak = 6
Nitrit = 01,0
Nitrat = 173
Klor = 340
Belerang = 372
Sulfur = 25,0
Bikarbonat = 366

Hasil ini dihitung dengan skala miligram atau liter, terkecuali Hidrogen yang diambil dari buku, Zamzam karya profesor Yahya Kosyki.

0 comments:

Post a Comment